Asumsi Kita Tentang Musik Rock


Pernahkah Anda mendengar sebuah kata yaitu, “Suicide Solution” ? Kata ini seharusnya tertuju pada Anda yang belum mendengar atau mengerti definisi dari kata Rock, definisi dari kata Rock sendiri adalah “Batu Karang” yang mempunyai makna keras atau mampu bertahan dari hantaman badai, dan Rock juga merupakan kata universal dari berbagai unsur aliran misalnya Metal atau Heavy Metal, Punk, Rock and Roll serta Underground dan bagian-bagian tersebut mempunyai unsur-unsur yang lebih spesifik lagi misalnya Underground yang merupakan wadah dari Black Metal, Death Metal hingga Metal Hardcore.

Masyarakat kita pada saat ini telah mengasumsikan bahwa sesuatu yang berhubungan dengan musik yang beraliran keras atau Rock umumnya telah mengarah pada sesuatu yang buruk yang selalu identik dengan Free Sex, Drugs, serta Crime atau tindakan kriminal yang menuai pertentangan dengan norma-norma atau peraturan yang berlaku di lingkungan masyarakat kita. Ya ! tidak menutup kemungkinan presepsi tersebut ada benarnya juga karena pada tahun awal musik tersebut bergema banyak band-band yang mengeksploitasi gaya Rock tersebut dengan berprilaku buruk atau menentang dengan peraturan yang ada.

Sebenarnya musik yang bernuansa keras itu ada karena ekspresi emosi yang ditandai dengan adanya atribut gaya seperti menggunakan anting-anting atau piercing di telinga, jeans robek di paha serta tatto di badan hal tersebut tergantung dengan individu masing-masing yang tidak perlu di artikan merusak atau menentang norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Sebuah pernyataan yang diungkapkan oleh Nick Hipa gitaris salah satu band Metal Hardcore dunia yakni AILD atau dikenal dengan “AS I LAY DYING” mengatakan : “Saya menyukai jenis aliran hardcore jenis ini adalah jenis musik emosional yang mana bisa mengontrol emosi saya tanpa merusak dan merugikan sesuatu atau orang lain.”

Lirik lagu dari band-band rock umumnya bukan berarti tidak mempunyai makna atau tanpa inspirasi justru sebaliknya mereka cendrung mengambil inspirasi tersebut dari pengalaman pribadi seperti pengalaman rohani atau spiritual tidak juga terlepas dari cinta tetapi mereka mengorientasikan bukan untuk satu objek saja melainkan banyak objek.

Seperti halnya aliran punk yang merupakan simbol dari pemberontakan terhadap penindasan bagi kaum Marjinal atau anak remaja yang ingin bebas tanpa mengabsolutkan dirinya terhadap kebebasan yang tidak terbatas melainkan bebas mengekspresikan dengan apa yang dimiliki tanpa mengeksploitasi demokrasi ke hal-hal yang berbau negatif.

Selayaknya kita memberikan apresiasi terhadap salah satu band punk lokal yang pro terhadap kaum Marjinal (kaum pinggiran yang terbuang atau yang jarang diperhatikan) sebagai pembela yaitu MARJINAL PREDATOR. Di bangsa kita ini musik yang notabene beraliran keras jarang di hargai atau jarang terpublikasikan karena masih terpengaruh oleh persepsi masyarakat yang berlebihan sehingga banyak band-band harus turun gunung atau merubah aliran yang awalnya keras menjadi lembut hal ini juga di picu dengan adanya tuntutan Label yang hanya ingin penjualan hasil dari karya band-band tersebut laku keras di pasaran.

Jadi apakah band Anda adalah band yang turun gunung hanya karena ingin mencari materi serta popularitas ??? Saya berharap Anda mempunyai komitmen untuk survive dengan hal yang kita bahas ini. Terima kasih banyak sebelumnya mohon saran dan kritiknya atau Anda mempunyai sesuatu yang lebih dengan hal yang kita bahas ini, saya berharap Anda bisa mengekspresikan pengalaman atau sesuatu yang berhubungan dengan argumentasi ke dalam tulisan agar nantinya dapat menjadi referensi pengetahuan bagi orang lain.

SALAM ROCK !!!!!
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Attribute For Captain Jack Band dengan judul Asumsi Kita Tentang Musik Rock. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : MONSTER TROOPERS YOGYAKARTA
Ditulis oleh: Unknown - Kamis, 27 Desember 2012

3 komentar untuk "Asumsi Kita Tentang Musik Rock"

  1. Setiap orang memaknai musik berbeda beda.

    BalasHapus
  2. Setuju!!!
    KEEP CALM AND LOVE ROCK

    BalasHapus
  3. mau nonton vedio music gratis tonton di:http://httpmusiconline88teater.blogspot.co.id/

    BalasHapus