Syair Akustik Captain Jack Band



Minggu, 2 Desember 2012 Captain Jack untuk pertama kalinya tampil perform dalam sebuah acara ulang tahun sebuah distro dengan suasana yang berbeda dari biasanya. Momo dan Captain Jack yang biasa tampil tanpa baju, memakai celana pendek dan berpenampilan garang di atas panggung malam itu tampil dengan mengenakan jas mewah, celana panjang, dan sepatu. Tidak kalah dengan Momo, Surya Ismeth tampil layaknya sang master pianis. Sedangkan Zuhdil dan Novan yang biasa memainkan screaming juga tampil berbeda. Semua personil Captain Jack terlihat keren malam itu tanpa identik dengan penampilan rocker seperti biasanya. “Kami yang biasa tampil garang di depan kalian, melihat kalian di bawah entah itu moshing, headbang ataupun mosphit untuk pertama kalinya kami tampil berbeda seperti ini karna kami bebas untuk berbeda, kami bebas untuk tentukan pilihan.” kata Momo sesaat sebelum memulai perform.

Mendengar lagu akustikan yang dibawakan oleh Captain Jack secara langsung mungkin kita semua akan miris, merinding rasanya, lagu-lagu yang telah diaransemen ulang lagi itu dibuat seolah-olah menurut alur kehidupan yang nyata. Momo sendiri bahkan sempat menahan air matanya yang akan mengalir setelah membawakan lagu yang berjudul “Foto Kusam”.

Captain Jack memulai perform dengan membawakan lagu “Monoton”. Sebuah lagu yang dipersembahkan untuk kita yang merasa tidak nyaman dengan kehidupan yang begini-begini saja dan terus berulang-ulang setiap hari. Monoton diciptakan oleh Momo di sebuah halte busway di kota Jakarta. Ia melihat sebuah bentuk perbudakan modern di antara kerumunan orang-orang yang lalu-lalang bekerja.


Lagu kedua yang dibawakan adalah “Monolog Tak Terdengar”. Lagu ini memang jarang dinyanyikan oleh Captain Jack. Namun, lagu ini juga menyimpan suatu motivasi tersendiri buat kita agar menjadi seseorang yang bisa menjadi lebih kuat dalam memaknai hidup. “Curhat itu ‘BODOH’. Selesaikan masalahmu sendiri ! Dengan hanya mengeluh pada orang lain apakah bisa merubah suatu realita ?” seru Momo sebelum menyanyi. Ya, masalah yang kita hadapi memang tak semuanya dapat terselesaikan saat kita membicarakannya dengan orang lain karena orang lain sendiri belum tentu dapat merasakan apa yang kita rasakan. Inilah maksud dari sepenggal lirik Monolog Tak Terdengar tersebut. “Biarku pendam semua yang menyiksaku kan ku tanggung sendiri. Takkan ku bercerita kepada siapapun bahkan sahabatku.”

Di lagu ketiga ini Momo sempat menahan air matanya. “Foto Kusam”  sebuah lagu paling gelap dari seorang anak. “Apa yang kalian rasakan saat melihat tumpukan album masa kecil kalian yang mungkin sekarang sudah usang ? Mungkin kita sendiri rindu akan masa-masa itu. Namun, apa yang terjadi sekarang setelah kita tumbuh menjadi dewasa saat ini ? Di belakang kita ada musuh, di depan juga ada musuh yang siap menikam kita.” ujar Momo.

Band rock memang identik dengan drugs dan alkohol. Tapi, Captain Jack sendiri menepis anggapan dan persepsi ini. “Sadar Lebih Baik”, lagu keempat yang dipersembahkan bagi kita yang dikatakan masih dalam masa transisi. Sejak album keempat mereka dikeluarkan, untuk pertama kalinya Captain Jack menyanyikannya berbarengan dengan hits “Foto Kusam” di perform kali ini. Mereka mengajak kita para generasi muda agar menjadi lebih baik. “Kami mendengarkan suara-suara dari kalian. Aku yakin karena kedewasaan dan kesadaran kalian semakin berkembang dari hari ke hari, aku ingin kalian bersih tanpa sesuatu yang memabukkan saat melihat kita tampil di depan kalian,” kata Momo. Captain Jack dan Momo sendiri sejak lama telah mengkampanyekan hal ini di acara Radio Show TVOne. Meski realisasinya belum dapat diwujudkan oleh semua generasi muda tapi setidaknya Captain Jack sendiri sudah berpesan baik demikian kepada kita. Kita sendiri masing-masing lah yang merealisasikan perkataan dari Momo dan Captain Jack itu. Mau berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk, kembali kepada pribadi kita masing-masing.


Lagu kelima dan keenam ditutup dengan hits mereka “Dari Anakmu” dan “Hati Hitam”. Yang sedikit unik adalah 2 lagu ini yang biasa dinyanyikan dengan teriakan-teriakan Captain Jack dan kita sebagai Monster Jackers, kali ini dibawakan dengan suara lirih penuh ketenangan.  Melodi dan iramanya seakan-akan menghanyutkan kita dalam suasana ketenangan untuk memaknai lagu-lagu tersebut.

Teruslah berkarya Captain Jack ! Syair dan lantunan lagu dari kalian akan terus memaknai hidup kami !

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Attribute For Captain Jack Band dengan judul Syair Akustik Captain Jack Band. Jika kamu suka, jangan lupa like dan bagikan keteman-temanmu ya... By : MONSTER TROOPERS YOGYAKARTA
Ditulis oleh: Unknown - Selasa, 04 Desember 2012

Belum ada komentar untuk "Syair Akustik Captain Jack Band"

Posting Komentar